JAKARTA (LENSAKINI) – Sejumlah nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dibuat bingung dan resah sejak Minggu (1/6/2025).
Aplikasi BYOND by BSI, layanan digital andalan mereka, mengalami gangguan hingga hari ini, Senin (2/6/2025).
Banyak pengguna mengeluhkan tidak bisa login maupun melakukan transaksi perbankan.
Menanggapi hal tersebut, pihak BSI akhirnya buka suara. Corporate Secretary BSI, Wisnu Sunandar, menjelaskan bahwa gangguan ini terjadi karena sedang dilakukan peningkatan kualitas layanan.
“Karena proses tersebut, transaksi melalui BYOND by BSI mengalami perlambatan. Saat ini, kendala tersebut sedang dalam penanganan dan perseroan mengupayakan bisa diselesaikan secara cepat agar nasabah dapat kembali mengakses layanan BYOND by BSI,” kata Wisnu kepada detikcom, Senin (2/6/2025).
Ia menambahkan, nasabah masih dapat melakukan transaksi dengan mencoba login kembali, atau menggunakan BSI Mobile, ATM BSI, Kantor Cabang BSI di seluruh Indonesia, atau BSI agen terdekat.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami nasabah,” jelasnya.
Lebih lanjut, Wisnu juga mengingatkan nasabah untuk selalu menjaga PIN dan kerahasiaan data pribadi, serta waspada terhadap informasi palsu yang mengatasnamakan BSI.
Terutama yang disebar melalui nomor WhatsApp pribadi, seperti soal perubahan tarif.
Dalam keterangan resminya, BSI menegaskan bahwa perlambatan transaksi di BYOND terjadi karena proses peningkatan layanan, dan tengah ditangani secara serius agar akses segera kembali normal.
Sementara itu, gangguan layanan ini ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak pengguna menuliskan keluhannya di kolom komentar akun resmi BSI.
Saat mencoba masuk ke aplikasi, tampak keterangan, “Mohon kembali lagi nanti, ya! Saat ini BYOND dalam pemeliharaan sistem untuk meningkatkan layanan agar lebih optimal.”
BSI pun berharap nasabah bisa beralih sementara ke kanal layanan lain sembari menunggu pemulihan BYOND selesai.













